Loading Posts...

Dilansir dari detik.com, menurut Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2017 ada 111 pulau yang terletak di beranda luar Republik Indonesia. Nah, inilah 10 di antara 111 pulau terluar Indonesia yang mungkin belum pernah kamu dengar namanya:

1. Pulau Ararkula

Pulau Ararkula via maps.google.com

Masuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Aru, Pulau Ararkula tidak berpenghuni sebab hanya berupa gundukan pasir, yang biasanya disebut gosong. Karena Ararkula menjadi lokasi transit bagi nelayan lokal yang tinggal di sekitar Desa Selmona, Kecamatan Aru Utara, di sini terdapat bangunan-bangunan kecil dari kayu dan beratap daun kelapa yang digunakan sebagai tempat berteduh sementara. Pulau terluar Ararkula berdekatan dengan Australia.

2. Pulau Fanildo

Pulau Fanildo via maps.google.com

Letaknya di Kabupaten Supiori, Provinsi Papua. Pulau seluas sekitar 0,1 km2 ini adalah salah satu dari beberapa pulau di Gugusan Atol Mapia. Uniknya, Pulau Fanildo penuh pohon kelapa. Pulau ini dapat dicapai dari Kota Biak, Kabupaten Biak Numfor, melalui perjalanan laut sejauh 150 mil yang ditempuh selama sekitar 6 jam menumpang kapal bermotor. Dengan dua kapal perintis yang hanya beroperasi sebulan sekali, perjalanan akan jadi lebih lama yaitu sekitar 25 jam. Fanildo hanya terpaut sekitar 390 mil dari Pulau Babelthuap di Republik Palau.

3. Pulau Intata

Pulau Intata via maps.google.com

Kosong tak berpenghuni, pulau terluar ini berada di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, dan berbatasan dengan Filipina. Pulau ini dapat dicapai dengan menumpang perahu bermotor dari Kota Melonguane, ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud. Pohon kelapa tumbuh subur di pulau ini. Konon, menurut cerita setempat, Pulau Intata terbentuk akibat gempa dan tsunami dahsyat yang terjadi pada tahun 1628 M di Pulau Kakarotan. Sejak peristiwa itu Pulau Kakarotan terbagi menjadi tiga—Pulau Kakarotan, Pulau Intata, Pulau Malo. Pasir Putih di bagian selatan dan barat pulau adalah salah satu daya tarik utama Pulau Intata.

BACA JUGA  7 Fakta Unik Taman Nasional Gunung Leuser yang Perlu Kamu Tahu

4. Pulau Kisar

Pulau Kisar via maps.google.com

Letaknya di Selat Wetar dan berbatasan langsung dengan Timor Leste. Pulau seluas 8.500 Ha ini dihuni oleh sekitar 18.425 penduduk dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Pulau Kisar sudah punya bandara, yakni Bandara John J. Bekker. Perjalanan udara ke pulau ini akan menjadi sebuah petualangan yang mendebarkan karena—sampai saat ini—kamu hanya bisa menumpang pesawat jenis Cassa 212 berkapasitas 18 orang.

5. Pulau Liki

Pulau Liki via maps.google.com

Berada di Kabupaten Sarmi, Papua, pulau ini berbatasan dengan Papua Nugini dan dihuni oleh suku Sobey. Dari Sarmi, Liki dapat dicapai menggunakan perahu rakyat yang berlayar seminggu sekali atau KM Marten Indeji yang berlayar dua minggu sekali.

6. Pulau Nongsa

Pulau Nongsa via maps.google.com

Dari Pelabuhan Sekupang, Batam, perlu waktu sekitar 1 jam untuk mencapai pulau ini dengan perahu bermesin. Saat laut pasang, dari kejauhan Pulau Nongsa akan tampak seperti tiga pulau yang terpisah. Namun ketika laut kembali surut, ketiga pulau itu akan kembali bertemu. Pulau yang berbatasan dengan Singapura ini lumayan menawan. Pasirnya putih dan dihiasi oleh tumbuhan perdu. Pada hari-hari tertentu pulau ini akan ramai oleh wisatawan dan para penjual kue dan minuman.

7. Pulau Panambulai

Pulau Panambulai via maps.google.com

Berada di sebelah timur Pulau Aru dan berbatasan dengan Australia, pulau yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Aru ini lumayan besar. Luasnya mencapai 130,5 km2 dan dihuni oleh sekitar 240 jiwa. Sampai sekarang belum ada transportasi umum yang menghubungan Desa Warabal (satu-satunya desa di Pulau Panambulai) dengan Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru. Dengan kapal sewaan, perjalanan laut dari Dobo ke Desa Warabal di Pulau Panambulai memakan waktu sekitar 6-7 jam.

BACA JUGA  Berkenalan dengan Wayang Potehi

8. Pulau Salando (Silando)

Pulau Salando (Silando) via maps.google.com

Terletak di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, pulau terluar ini hanya dihuni oleh beberapa orang petugas mercusuar dan keluarga mereka. Dari Desa Kapas di Tolitoli, kamu bisa mencapai Pulau Salando dengan menumpang perahu nelayan selama sekitar setengah jam. Pulau Salando berbatasan dengan Malaysia.

9. Pulau Sebetul

Pulau Sebetul via maps.google.com

Terletak di Laut Cina Selatan, Pulau Sebetul masuk ke dalam wilayah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau berbatu dan bertebing curam ini tidak berpenghuni. Untuk menuju ke sana pun belum ada transportasi umum. Dari Ranai, ibukota Kepulauan Natuna, kamu harus menyewa perahu motor dan melakukan perjalanan selama sekitar 7 jam. Tiba di Pulau Sebetul, kamu sudah dekat dengan Vietnam.

10. Pulau Sophialouisa

Pulau terluar

Pulau Sophialouisa via maps.google.com

Mendengar namanya kamu tak akan percaya kalau pulau terluar ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau yang disebut sebagai Pulau Sepatang oleh masyarakat lokal ini terletak sejauh 2,43 km (1,51 mil) dari ujung selatan Pulau Lombok bagian barat dan berbatasan langsung dengan Australia. Dunia internasional mengenalnya sebagai Sophialouisa Island, Sophialouisa Rock, atau Sophialouisa Rots.

 

1
Belum KesanaBelum Kesana
Ingin KesanaIngin Kesana
Sudah Kesana!Sudah Kesana!
Voted Thanks!
TelusuRI

TelusuRI

telusuri.org

Leave a Comment

Loading Posts...