8 Acara Seru di Bulan April

Posted in 01 Apr 2017 by telusuRI

Mau ambil cuti bulan April tapi belum tahu mau ke mana? Nggak usah bingung karena bulan depan ada 8 acara di berbagai daerah yang bisa kamu saksikan. Penasaran? Scroll down!

1. Festival Pesona Cirebon (1-3 April)

Cirebon sudah punya sejarah panjang dan tidak pernah kekurangan daya tarik. Di daerah yang dahulu dijadikan wilayah pilot project sistem cocok-tanam kopi alias Koffiestelsel oleh Pemerintah Kolonial ini masih berdiri beberapa keraton yang bisa dikunjungi oleh para peminat sejarah. Letaknya yang di pinggir laut juga membuat Cirebon kaya akan kuliner seafood.

Tari Topeng (dok. Ika Kurniawati)

Nah, semua pesona Cirebon akan dibungkus dalam Wonderful Cirebon Festival yang akan diadakan tanggal 1-3 April 2017 besok. Selain bisa menyelami sejarah Kota Udang, di Wonderful Cirebon Festival nanti kamu juga bisa menikmati beragam pertunjukan kesenian tradisional, kerajinan tangan, kuliner, dan lain-lain.

www.disbudparpora.cirebonkab.go.id

2. Festival Pesona Tambora (5-11 April)

Tambora (dok. Cali Cultura)

Tahun 1815 letusan Tambora—selain menghancurkan desa-desa di Sumbawa—mengguncang dunia. Saking hebatnya, musim dingin turun lebih cepat di Eropa; Napoleon Bonaparte yang sedang bertempur di Waterloo pun kalah perang karena salah membawa logistik. Dua ratus tahun setelahnya, Wonderful Tambora Festival diadakan untuk memperingati letusan dahsyat itu. Ternyata festival itu tak hanya sekali dan terus diadakan setahun sekali di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Tahun 2017 ini adalah tahun ketiga penyelenggaraan. Selain ultra run, acara lain yang diadakan antara lain pertunjukan-pertunjukan seni tradisional yang unik, lomba balap kuda, dan lomba sepeda gunung.

www.disbudparpora.cirebonkab.go.id

3. Geobike Caldera Toba (7-8 April 2017)

Bayangkan rasanya mengendarai sepeda mengelilingi danau raksasa yang indah dan melaju melewati desa-desa yang masih memelihara tradisi. Sekarang kamu nggak cuma bisa membayangkan—kamu bisa melakukannya di Geobike Caldera Toba. Ajang ini pas banget untuk kamu yang suka jalan-jalan dan gowes.

Di tahun ketiga penyelenggaraan Geobike ini kamu akan dibawa melintasi tujuh kecamatan yang terletak di pinggir Danau Toba. Menariknya lagi, di garis finish kamu akan dihibur oleh pertunjukan kesenian tradisional lokal.

4. Jakarta Fashion & Food Festival (7 April-7 Mei)

Festival apa coba yang lebih ramai daripada festival fashion dan kuliner? Selain melihat eksebisi fashion yang lucu-lucu, kamu juga bisa sekalian memanjakan selera dengan mencicipi ratusan menu yang ditawarkan oleh sekitar 100 stan kuliner. Tidak cuma itu, kamu juga bisa menikmati pertunjukan-pertunjukan seni yang akan mengundang decak kagum. Festival yang juga menjadi ajang pembuka rangkaian acara peringatan ultah Jakarta ini rencananya akan diadakan di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

www.jfff.info

5. International Sungailiat Triathlon (22 April)

Dulu Bangka yang terkenal dengan timahnya jauh lebih populer dibanding Belitung. Namun setelah Andrea Hirata mengeluarkan buku Laskar Pelangi, Belitung menjadi lebih bersinar. Namun tahukah kamu kalau Bangka tak kalah indah? Seperti Belitung, Bangka juga punya pantai-pantai berpasir putih yang dipagari oleh granit-granit raksasa.

International Sungailiat Triathlon bisa jadi ajang bagimu untuk mengenal dan menikmati keindahan Pulau Bangka secara langsung. Tapi siapkan staminamu, sebab jarak yang akan kamu tempuh lumayan jauh—sekitar 113 km. Menariknya, di ajang ini kamu juga bisa bertemu ribuan atlet yang berasal dari sekitar 65 negara dari seluruh dunia.

www.sungailiattriathlon.com

6. Jakarta International Handicraft Trade Fair (26-30 April)

Kamu suka hal-hal yang berbau etnik namun tak punya cukup waktu luang untuk pergi langsung ke daerah-daerah penghasilnya? Tak perlu khawatir. Kamu cukup datang ke International Handicraft Trade Fair yang akan diadakan di Jakarta selama lima hari dari tanggal 26 sampai 30 April.

Tapi jangan kalap langsung membeli benda menarik pertama yang kamu temukan, sebab akan ada sekitar 500 stan pengrajin dari seluruh Indonesia yang akan memamerkan karya-karya unik khas daerah mereka. Catat tanggalnya, ya!

www.inacraft.co.id

7. Halo Sultra (27 April)

Sulawesi Tenggara alias Sultra tidak cuma punya dunia bawah laut Wakatobi. Dengan menyelenggarakan berbagai macam pertunjukan, kontes, dan perlombaan, Halo Sultra berusaha untuk mengangkat potensi-potensi lain wilayah ini sehingga di masa depan yang terkenal tidak hanya Kepulauan Wakatobi saja. Di acara ini kamu bisa menonton kontes perahu hias, lomba mememancing, pertunjukan kesenian tradisional, sampai pertunjukan kembang api.

Halo Sultra (dok. 28management.files.wordpress.com)

8. International Kampoeng Jazz (29 April)

Kalau Jakarta punya Java Jazz, Jawa Timur punya Jazz Gunung, Jawa Tengah punya Jazz di Atas Awan, dan Jogja punya Java Jazz, Bandung punya International Kampoeng Jazz. Bermula dari proyekan anak Unpad, sekarang International Kampoeng Jazz sudah mulai dilirik penikmat jazz dalam negeri.

Kampoeng Jazz (dok. loopiesradio.com)

Bintang tamu yang pernah diundang pun tak main-main. Pada gelar ke-5 Kampoeng Jazz 2013 saja yang datang adalah Sondre Lerche! Nah, tahun ini dari jajaran musisi luar akan ada Take Two dari Singapura, sementara line-up artis dalam negeri antara lain Sore, Tulus, dan Trio Lestari. Buruan booking tiketnya, guys!

http://kampoengjazz.net/

Bagikan :