Kabupaten Lombok Tengah

Kesenian Gendang Beleq dari Lombok

Posted in 06 Oct 2016 by Erferdik Mustika

Kesenian Gendang Beleq ~ Lombok

Tabuhan gendang beleq menjadi dentuman semangat kemenangan bagi para prajurit yang akan berperang.

Instrumen perkusi gendang beleq khas Lombok bisa menghasilkan suara besar dan menggema sebab ia terbuat dari batang pohon meranti yang dilubangi lalu dilapisi dengan kulit sapi, kerbau, atau kambing. Pohon meranti memang tumbuh subur di Pulau Lombok.

Pada zaman dahulu kala ketika peperangan masih marak terjadi, gendang beleq begitu tenar. Tabuhan gendang beleq menjadi dentuman semangat kemenangan bagi para prajurit yang akan berperang. Masyarakat percaya bahwa suara dentuman gendang akan membuat para prajurit menjadi lebih berani untuk membela tanah kerajaan.

Belakangan, gendang beleq juga dijadikan sebagai musik pengiring pada acara hiburan dan upacara adat. Barangkali kamu pernah mendengar upacara adat merariq (menikah) atau ngurisang (upacara adat potong rambut bayi). Pada kedua upacara adat tersebut gendang beleq sering digunakan sebagai musik pengiring.

Beleq berasal dari bahasa Sasak yang artinya besar. Suara yang dihasilkan oleh gendang memang cukup menggelegar dan menggema. Jadi gendang beleq berarti gendang yang besar. Alat musik pukul ini dimainkan secara berkelompok membentuk sebuah orkestra bersama instrumen musik lain seperti seruling, terumpang, gong, pencek dan oncer. Pemain gendang beleq disebut sekaha. Biasanya ada pemain utama. Mereka biasanya mengenakan baju adat Lombok lengkap dengan sapo, ikat kepala khas Lombok. Bagaimana? Kamu tertarik untuk menonton pertunjukan ini?

SHARE TO:



Comment :