Kabupaten Banyuwangi

Melepas Tukik di Pantai Sukamade

Posted in 06 Oct 2016 by Erferdik Mustika

Pantai Sukamade, Penangkaran Penyu, di Merubetiri (ankaranarenva.wordpress.com)

Selama ribuan tahun, Sukamade menjadi lokasi bertelur penyu raksasa yang hidup sekitar kawasan Samudera Indonesia dan Pasifik.

Tukik-tukik yang dilepas pun berlomba-lomba menghampiri garis Pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri. Laut adalah yang mereka tuju. Mereka mungkin tidak bergerak dengan cepat. Terkadang mereka bahkan berhenti sejenak. Barangkali mereka merekam ke dalam ingatan karakter pantai yang akan mereka tinggalkan ini, tanah kelahiran mereka. Suatu saat ingatan itulah yang akan memandu mereka kembali ke Sukamade.

Meskipun kamu gemas melihat elang yang terbang rendah sedang bersiap-siap untuk menukik memangsa para tukik, jangan berpikir untuk membantu anak-anak penyu tersebut agar cepat sampai di laut. Justru berbahaya kalau mereka tidak sempat mengingat lokasi pelepasan. Mereka kan tidak punya peranti GPS untuk menyimpan lokasi ini, yang terletak kira-kira 97 km arah barat daya dari Kota Banyuwangi, tepatnya di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Selama ribuan tahun, Sukamade menjadi lokasi bertelur penyu raksasa yang hidup sekitar kawasan Samudra Indonesia dan Pasifik. Butuh perjuangan ekstra untuk menuju pantai yang merupakan satu dari The Triangle of Diamond Banyuwangi, setelah Pantai G-Land dan Kawah Ijen. Menuju ke sini, kalau dengan angkutan umum, kamu harus menggunakan truk khusus pengangkut bahan makanan dari Pesanggaran menuju Sukamade. Bagaimana? Mau ke sana?

SHARE TO:



Comment :