Kabupaten Toba Samosir

Rumah Bolon dari Tanah Batak

Posted in 06 Oct 2016 by Novita Eka Syaputri

Rumah Bolon, Toba

Dulunya rumah bolon ini adalah rumah para raja.

Di Sumatara Utara sana ada rumah-rumah khas yang unik. Rumah bolon namanya. Dulunya, rumah ini adalah rumah para raja. Ada tiga belas raja yang bergantian menempatinya, yaitu Tuan Ranjinman, Tuan Nagaraja, Tuan Batiran, Tuan Bakkaraja, Tuan Baringin, Tuan Bonabatu, Tuan Rajaulan, Tuan Atian, Tuan Hormabulan, Tuan Raondop, Tuan Rahalim, Tuan Karel Tanjung, dan Tuan Mogang.

Oleh suku Batak, rumah adat ini disebuti sebagai “Si Baganding Tua” yang punya arti makhluk seperti ular yang panjangnya sekitar dua jengkal. Nenek moyang orang Batak percaya bahwa nasib mujur dan rezeki yang melimpah dibawa oleh “Si Banganding Tua” ini.

Rumah bolon ini juga biasa disebut rumah gorga, yang sekaligus menjadi simbol status sosial masyarakat yang tinggal di Tapanuli sana. Rumah bolon terdiri dari dua bangunan utama yaitu ruma (tempat tinggal) dan sopo (lumbung padi). Keduanya terletak saling berhadapan dan dipisahkan oleh pelataran luas yang berfungsi sebagai ruang kegiatan masyarakat. Bentuknya persegi panjang dan di dalamnya ada ruangan terbuka tanpa kamar atau sekat pemisah. Satu rumah terkadang dihuni oleh dua hingga enam keluarga. Ramai sekali bukan?

 

SHARE TO:



Comment :