Kabupaten Raja Ampat

Waisai: Gerbang Menuju Raja Ampat

Posted in 05 Oct 2016 by Dhave Dhanang

waisai

Pusat pemerintahan Kabupaten Raja Ampat berada di Pulau Waigeo yang berpusat di Waisai.

Siapa yang tak kenal Raja Ampat. Banyak yang bilang kalau Raja Ampat itu semacam Mekah-nya para pejalan. Jadi mengunjungi Raja Ampat jadi semacam naik haji begitu. Ah... apa iya? Menurutmu bagaimana?

Istilah the last paradise juga lekat dengan Raja Ampat. Orang-orang mengibaratkan kepulauan ini sebagai tetes terakhir dari surga yang tercecer di bumi cenderawasih, tepat di depan paruh kepala burung. Sekarang siapa, sih, yang tak ingin menginjakkan kaki di Raja Ampat yang tersohor itu. Kamu pasti mau, kan?

Kalau begitu kamu mesti tahu tentang Waisai, gerbang sekaligus ibukota Kabupaten Raja Ampat. Waisai dapat dicapai dari Pelabuhan Sorong, menumpang kapal cepat Bahari Express. Banyak orang mengenal Raja Ampat, namun boleh dihitung dengan jari yang tahu Waisai. Saat merapat di pelabuhan Waisai, kamu akan disambut oleh patung selamat datang yang dihasi dengan maskot Raja Ampat, yaitu lumba-lumba.

Waisai memang masih muda. Usianya baru sekitar 13 tahun, baru saja dimekarkan pada 12 April 2003 kemarin. Kabupaten Raja Ampat terdiri dari empat pulau besar—Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Pusat pemerintahan berada di Pulau Waigeo yang berpusat di Waisai.

Sebagai kabupaten yang masih sangat muda, belum terdapat angkutan umum dari pelabuhan menuju pusat kota. Angkutan yang paling gampang dijumpai adalah ojek atau mobil sewaan. Jika kedua kakimu sanggup berjalan, maka menyusuri jalanan yang sepi adalah pilihan yang tepat sebab jarak dari pelabuhan ke kota hanya sekitar dua kilometer saja. Dalam perjalanan menuju pusat kota mata kamu akan dimanjakan oleh pepohonan bakau yang menjulang setinggi tinggi belasan hingga lebih dari dua puluh meter.

Jangan membayangkan Waisai seperti kota kabupaten kebanyakan di Indonesia yang memiliki sarana dan prasarana memadai. Akses di Waisai masih sangat terbatas. Hingga kini pemerintah lokal sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan.

SHARE TO:



Comment :