Kota Tomohon

Menikmati Pagi di Danau Linow

Posted in 06 Oct 2016 by Novita Eka Syaputri

danau linow rez

Luas Danau Linow sekitar 35 hektare. Kedalamannya sekitar lima meter.

Selain ke Danau Tondano, kamu juga bisa berkunjung ke Danau Linow yang juga menjadi salah satu pesona Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Udara di sini cukup sejuk, tanahnya subur, cocok untuk segala jenis tanaman bunga.

Menurut Alex Ulaen, seorang sosiolog dari Universitas Sam Ratulangi, linow berasal dari kata lilinowan yang artinya tempat berkumpul air. Linow diambil dari bahasa Tombulu, bahasa salah satu etnis di Minahasa.

Danau Linow bisa berubah-ubah menjadi tiga warna. Penyebabnya adalah kadar belerang di danau ini yang cukup tinggi. Terkadang hijau toska, biru laut, bahkan pernah berwarna coklat susu. Perubahan warna ini sebetulnya tidak ada hubungannya dengan mitos atau legenda, karena secara alamiah perubahan warna pada Danau Linow disebabkan oleh cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah awan dan memantul di permukaan danau. Selain itu, perubahan warna itu juga karena salah satu sisi Danau Linow terhubung langsung dengan sumber air yang mengandung belerang. Luas Danau Linow sekitar 35 hektare. Kedalamannya sekitar lima meter.

Yang paling menyenangkan, Danau Linow ini terlihat begitu bersih dan dikelola dengan baik. Untuk masuk ke sana, kamu hanya perlu membayar harga tiket masuk sekaligus mendapatkan minuman ringan dan kue khas Manado. Suasananya sangat nyaman dan cocok untuk bersantai menghabiskan waktu liburan. Pesonanya cocok dinikmati pagi atau sore hari ketika matahari tidak terlalu terik. Kalau kamu datang pagi, kamu bisa sekalian menikmati kicauan merdu burung-burung.

SHARE TO:



Comment :