Kabupaten Banyuwangi

Mereka Menyebutnya Afrika van Java

Posted in 05 Oct 2016 by Laksmi Arsandy

afrika van

Sampai di Pos Sabana Bekol, padang rumput yang diselingi pepohonan terhampar luas di depan mata.

Indonesia tidak akan pernah habis dijelajahi. Setelah menikmati keindahan alam Dieng dan Semeru, adrenalin saya semakin terpacu untuk segera menjelajahi sudut-sudut lain negeri ini. Tujuan saya selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Selama tiga hari, bersama empat orang teman saya merasakan sensasi berada di taman nasional yang sering disebut-sebut sebagai Afrika van Java.

Dari Surabaya ke Situbondo kami menumpang bis umum selama lebih kurang delapan jam. Keesokan harinya, kami menuju Sabana Bekol yang berjarak kurang lebih 12 km dari pintu masuk taman nasional. Matahari yang bersinar terik selama perjalanan tidak menyurutkan keinginan kami untuk menjelajahi Baluran.

Sayangnya, sepanjang perjalanan menuju Sabana Bekol banyak dijumpai bekas titik api. Baluran terbakar akibat musim kemarau yang membuat tumbuhan menjadi kering. Gesekan daun, ditambah teriknya matahari musim kemarau, cukup ampuh untuk memantik api. Selain itu juga banyak sampah berserakan di sepanjang jalan. Semoga taman nasional yang menjadi habitat bagi banyak flora dan fauna ini tidak rusak akibat tangan-tangan jahil manusia.

Di tengah hutan yang kering ada titik-titik di mana tanaman dapat tumbuh hijau sepanjang tahun. Ada pula merak hijau yang merupakan satwa endemik Baluran.

Sampai di Pos Sabana Bekol, padang rumput yang diselingi pepohonan terhampar luas di depan mata. Gunung Baluran pun dapat dilihat dari sini, juga garis pantai yang membatasi Taman Nasional Baluran di sebelah timur. Dari Sabana Bekol, tujuan selanjutnya adalah Pantai Bama. Berjarak sekitar 3 km dari Sabana Bekol, sepanjang perjalanan kami menjumpai rusa dan monyet yang sedang berteduh di bawah pohon. Di Pantai Bama banyak sekali monyet liar yang nakal. Mereka mengganggu pengunjung dan mengambil bekal makanan yang dibawa. Di Bama, berkeliling hutan bakau menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu. Selain itu, menikmati momen matahari terbit juga menjadi salah satu alternatif untuk mengisi liburan di Bama.

SHARE TO:



Comment :