Kabupaten Semarang

Museum Kereta Api Ambarawa

Posted in 07 Oct 2016 by telusuRI

EDITED-4

Foto: Rizqi Ganis.

Sudah pernahkah kamu mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa? Museum kereta api terbesar di Indonesia ini sekarang sudah dibuka kembali setelah sempat ditutup untuk renovasi. Museum Kereta Api Ambarawa yang masuk dalam salah satu dari tiga museum kereta api terbesar di dunia selain yang ada di India dan Swiss ini menyuguhkan beberapa lokomotif uap kuno yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung.

EDITED-3

Foto: Rizqi Ganis.

Salah satu di antara 22 lokomotif kuno yang dipamerkan masih beroperasi hingga sekarang. Loko tersebut menjadi satu-satunya kereta uap bergerigi yang masih difungsikan di dunia. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 kamu dapat melihat kokohnya kereta-kereta yang pernah berjaya pada zaman kolonial ini.

Museum Kereta Api Ambarawa dulunya adalah stasiun untuk mengangkut prajurit perang. Sebelum berubah nama menjadi Stasiun Ambarawa, perhentian kereta api ini dulu bernama Stasiun Willem I. Nama ini diambil dari nama salah satu raja Belanda yang sudah wafat kala itu, Raja Willem I, sebagai suatu bentuk penghormatan kepadanya.

EDITED-2

Foto: Rizqi Ganis.

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Jalan Stasiun No. 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang. Hanya 45 menit dari kota Semarang. Selain itu, kamu jangan sampai melewatkan menjajal rute kereta wisata dari Museum Kereta Api Ambarawa ke Stasiun Tuntang. Selama perjalanan sekitar satu jam kamu akan disuguhi panorama cantik Perbukitan Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Rawa Pening.

 

SHARE TO:



Comment :