Kabupaten Gunung Kidul

Nglambor, Jogan, dan Penunggu Pantai Selatan

Posted in 07 Oct 2016 by Dhave Dhanang

b2

Biasanya aliran sungai yang bertemu di laut akan berwujud delta, sementara di Jogan malah jadi air terjun.

Mendadak saya teringat pada film yang dibintangi oleh aktor kawakan George Rudy dan Suzanna, yang bercerita tentang seorang pemuda yang menyelam di Segara Kidul atau Pantai Selatan Yogyakarta dan kemudian bertemu Nyi Blorong. Film horor pada era ‘80-’90-an itu masih terbayang-bayang dalam kepala manakala saya mengenakan goggle dan snorkel lalu menceburkan diri di sebuah teluk kecil yang dijaga dua “kura-kura raksasa,” yakni Pantai Nglambor.

Samudra Hindia yang selalu menyajikan gulungan ombak besar acapkali membuat orang enggan untuk snorkeling atau sekadar berenang di pantai selatan. Di Pantai Nglambor, barangkali kekawatiran itu akan sirna sebab ada dua karang raksasa yang menyembul dari dasar laut dan menjadi benteng terhadap gempuran ombak. Pada saat laut surut sehingga garis pantai menjadi lebar dan ombak sedikit bersahabat, tak ada salahnya bagimu untuk segera menceburkan diri dan menyelami kehidupan bawah air pantai selatan.

14244184802074026439

Samudra Hindia yang selalu menyajikan gulungan ombak besar acapkali membuat orang enggan untuk snorkeling atau sekadar berenang di pantai selatan.

Pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, ini mulai menjadi primadona bagi mereka yang penasaran akan dunia bawah air. Terlebih, sekarang sudah banyak beredar kamera dan ponsel kedap air sehingga mengabadikan momen-momen bawah air menjadi semakin mudah. Dari kejauhan pantai ini terlihat seperti teluk mini, yang selain indah juga sekaligus menjadi penahan ombak besar laut selatan.

1424418540824112707

Kawanan sergeant fish di perairan Nglambor.

Tanpa berlama-lama, saya segera mencelupkan kepala ke dalam air untuk melihat seperti apa dunia bawah laut Nglambor. Arus yang kuat membuat dasar pantai sedikit keruh—ditambah lagi cahaya matahari saat itu sedang tertutup mendung. Jarak pandang mungkin hanya 1-2 meter. Selebihnya hanya kabut putih karena material terlarut seperti pasir melayang-layang menghalangi pandangan. Terumbu karang terlihat di beberapa tempat dan sebagian besar didominasi karang keras (hard coral). Beberapa ikan warna-warni juga bisa kamu temukan. Selebihnya adalah batuan karang berwarna kelam. Nglambor hanya satu dari sekian banyak pantai di mana kamu bisa berenang dan snorkeling. Katanya, di Pantai Ngrenehan dan Drini kamu juga bisa melihat koral beserta ikan-ikan yang bernaung di sekitarnya.

Sayangnya pertemuan saya dengan para “penghuni” laut selatan harus segera disudahi sebab rintik hujan sudah datang. Saatnya untuk bergerak ke keajaiban alam selanjutnya, yakni sebuah air terjun yang langsung tumpah ke laut.

14244186021261707534

Pantai ini adalah favorit para pemotret lanskap karena morfologinya akan membuat komposisi foto tampak menarik.

Pantai Jogan terletak tak begitu jauh dari Nglambor, hanya terpaut sekitar 300 meter dan bisa dicapai dengan berjalan menyusuri bukit-bukit karang. Pantai ini adalah favorit para pemotret lanskap karena morfologinya akan membuat komposisi foto tampak menarik. Selain laut, ombak, pantai, batu karang, tebing, dan—yang membuat pantai ini menjadi terkenal—air terjun, pantai ini juga sering dikunjungi oleh para pemancing udang. Uniknya, saat musim kemarau tak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Pengunjung menjadi ramai bak cendawan pada musim hujan, sebab atraksi utama pantai ini adalah air terjun yang langsung turun ke laut.

Air terjun itu berasal dari sungai yang mengalir di perbukitan kapur. Menurut cerita, ada dua sungai yang menyatu kemudian melepaskan alirannya ke laut selatan, menjadi sebuah air terjun menakjubkan setinggi antara 6-8 meter. Biasanya aliran sungai yang bertemu di laut akan berwujud delta, sementara di Jogan malah jadi air terjun. Entah berapa kali sudah saya berpindah-pindah posisi untuk mengambil sudut pandang paling cantik untuk memotret. Terbersit keinginan untuk turun ke dasar air terjun. Namun demi keselamatan niat itu saya urungkan, sebab laut sedang pasang.

1424418669857374280

Uniknya, saat musim kemarau tak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Pengunjung menjadi ramai bak cendawan pada musim hujan, sebab atraksi utama pantai ini adalah air terjun yang langsung turun ke laut.

Saya terdiam di sisi air terjun. Semburat merah merona mulai terlukis di ufuk barat—saatnya menikmati senja. Para pemancing udang sudah bersiap di ujung tebing dengan joran panjangnya. Sesenja ini mereka mengadu peruntungan untuk memancing kekayaan laut selatan. Senja semakin merekah dan sang surya kian beranjak menuju cakrawala. Saat-saat yang sentimentil ketika harus berpisah dari siang untuk menyambut malam. Matahari berganti gemintang yang bersinar menghiasi gelapnya malam.

1424418713155806800

Para pemancing udang sudah bersiap di ujung tebing dengan joran panjangnya.

Senja pun pulang dan petang pun datang lalu menunggu malam. Nglambor telah mempertemukan saya dengan penghuni laut selatan. Jogan telah menyajikan pemandangan dan keindahan lanskap alam yang merentang di kaki langit, laut, tebing, hingga air terjun. Saya masih termangu di tepi tebing sambil menikmati konstelasi benda-benda angkasa, tetapi tiba-tiba merinding begitu ingat Suzanna.

SHARE TO:



Comment :