Kabupaten Timor Tengah Selatan

Pantai Kolbano, Timor Tengah Selatan

Posted in 06 Oct 2016 by Sutiknyo

Pantai Kolbano, Timor Tengah Selatan (Lostpacker)

Pantai Kolbano yang dilapisi kerikil warna-warni berbagai ukuran.

Kamu tidak hanya akan disapa oleh hembusan angin pantai dan suara deburan ombak ketika berkunjung ke Pantai Kolbano di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kalau di pantai-pantai biasa kamu akan menemukan pasir putih, di Kolbano kamu justru akan menemukan keunikan. Alih-alih pasir, kerikil berwarna-warni adalah yang membentang sepanjang garis pantai. Ukurannya dari mulai sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan orang dewasa. Inilah yang menjadi ciri khas pantai ini.

Namun sayangnya, keindahan Kolbano ternacam oleh penambang kerikil yang menjadikannya sebagai lahan bisnis. Pemerintah setempat pun mengizinkan perusakan alam oleh manusia ini untuk terus berlangsung. Bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan kerikil warna warni Kolbano hanya akan dapat dilihat dari bingkai foto saja.

Di areal Pantai Kolbano kita bisa menjumpai tugu bersejarah yang dibangun untuk memperingati peristiwa Perang Kolbano pada tahun 1907 yang berlangsung antara masyarakat setempat melawan penjajah dari Belanda. Sayangnya kondisi tugu ini tampak memprihatinkan, seolah-olah tiada upaya untuk melakukan pemugaran baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Pantai Kolbano terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Untuk mencapai pantai ini diperlukan waktu berkendara selama sekitar 3 jam dari Kupang, ibu kota Provinsi NTT. Nah, ternyata Nusa Tenggara Timur tidak hanya punya Pulau Komodo, kan?

SHARE TO:



Comment :