Kota Padang

Segarnya Teh Talua Khas Sumatera Barat

Posted in 06 Oct 2016 by Wiranurmansyah

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Padang tak selalu identik dengan masakan bercita rasa pedas dan gurih. Bumbu rempah yang kuat memang menjadi ciri khas masakan Padang, namun masih ada satu kuliner yang menggugah selera di Minangkabau sanateh talua! Teh talua alias teh telur menjadi menu wajib di warung-warung emperan pinggir jalan sampai restoran besar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Teh talua dibuat dengan bahan dasar teh, gula, telur, dan susu kental manis. Telur yang digunakan adalah telur ayam kampung yang dipercaya banyak khasiatnya. Oleh masyarakat Minang, teh talua biasa diminum oleh mereka yang ingin menambah stamina tubuh.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Membuat teh talua ini sebetulnya cukup mudah. Kamu bahkan bisa meraciknya di rumah. Kuning telur ayam kampung awalnya dikocok terlebih dahulu kemudian ditambahkan gula pasir sesuai selera. Lalu setelah telur mengembang langsung bisa diseduh dengan air panas. Sebagai pelengkap kamu bisa menuangkan susu kental manis. Dan—voila!—teh talua siap disajikan. Minuman ini lebih nikmat diseruput selagi hangat. Cocok sekali untuk musim hujan seperti sekarang ini. Dalam gelas kaca bening, teh talua akan tampak cantik seperti teh tarik atau segelas cappuccino panas.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

SHARE TO:



Comment :