Kabupaten Pacitan

Tanjung Rajati: Deret Pantai Perbatasan

Posted in 07 Oct 2016 by Erferdik Mustika

_DSC0359-12

“Tanjung Rajati” pasti belum familiar di telingamu. Wajar saja sebab istilah itu memang belum banyak diketahui orang. Tanjung Rajati adalah singkatan dari “pantai-pantai ujung barat Jawa Timur.” Berada di Kabupaten Pacitan, pantai-pantai tersebut adalah Pantai Klayar, Pantai Karang Bolong, Pantai Buyutan, dan Pantai Banyu Tibo atau bisa disingkat lagi dengan nama “Klakar Buto.” Nah! Tambah serem, kan? Jadi kamu mau pilih yang mana, nih? Tanjung Rajati apa Klakar Buto?

Tanjung Rajati beranggotakan pantai yang namanya sudah tersohor duluan yaitu Pantai Klayar, yang terkenal dengan pasir putih dan “Seruling Klayar” yang sekarang sudah tak semerdu dahulu. Dari keempat pantai itu memang Klayar yang punya fasilitas paling memadai. Banyak warung, pedagang suvenir dan oleh-oleh, kamar mandi, camping ground, sampai penginapan.

Anggota selanjutnya tepat berada di barat Pantai Klayar, sebuah semenanjung yang dinamakan Pantai Karang Bolong. Semenanjung ini adalah titik paling cantik untuk menyaksikan matahari tenggelam, terutama antara bulan Oktober sampai Januari. Di sepanjang semenanjung terbentang padang rumput. Tempat ini juga memungkinkan untuk dijadikan lokasi camping. Pasti mengesankan, deh.

Pantai berikutnya berada di barat pantai Karang Bolong. Namanya Pantai Buyutan. Pantai ini juga tak kalah unik, berupa pantai berpasir putih yang terletak di kaki tebing. Di jalan masuk kamu akan menjumpai lahan pertanian warga yang luas dengan gubuk-gubuk kecil yang bisa kita manfaatkan untuk istirahat. Semakin ke selatan kamu akan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Jadi, bagian atas areal ini adalah lahan pertanian sementara bagian bawah adalah pantai pasir putih. Untuk camping kamu bisa buka tenda di pinggiran tebing di atas, atau bisa turun ke pantai.

Bicara soal ikon, jika Klayar punya Seruling Klayar, Karang Bolong punya semenajungnya yang cantik, Pantai Buyutan punya dua ikon. Pertama, karang yang bentuknya seperti menara di sisi selatan pantai. Yang kedua adalah kelapa muda gratisnya. Kalau kamu jalan-jalan ke sebelah barat lahan pertanian, kamu akan menemukan banyak pohon kelapa yang niranya diambil untuk meracik gula kelapa. Kalau kamu penasaran sama kelapa muda, tinggal minta saja sama petani di sana. Pasti dikasih. Orang Pacitan memang terkenal dengan keramahannya. Kebun kelapa itu juga bisa jadi jalur terabasan ke Pantai Banyu Tibo. Untuk lebih jelas, tanya saja arahnya pada para petani yang kamu temui.

Pantai terakhir yang paling ujung dan paling deket dengan perbatasan Jawa Tengah adalah Pantai Banyu Tibo. Ikon pantai ini adalah air terjun kecil yang unik setinggi sekitar delapan meter yang langsung mengucur ke laut. Dibanding pantai-pantai sebelumnya, pantai ini tidak terlalu lebar. Namun sensasinya benar-benar beda. Pertama, kamu bisa mandi air laut dan air tawar secara bersamaan. Kedua, camping ground-nya di pinggir sungai kecil. Sensasi yang ketiga juga tidak kalah keren, yaitu melintasi batas antara Jawa Timur dan Jawa Tengah menyusuri pinggiran tebing di pantai sambil menikmati panorama. Pantai terdekat di Jawa Tengah adalah Pantai Nampu, dan kamu cuma perlu waktu setengah jam untuk pergi ke sana!

Mainan ombak di Pantai Klayar, JANGAN DITIRU, BERBAHAYA!

Pantai Klayar paling timur

Sunrise Pantai Klayar dilihat dari Tanjung Karang Bolong

 

Pantai Karang Bolong sudah runtuh

Sunset di unungnya Tanjung Karang Bolong

Anginnya sepoi-sepoi, nongkrong di ujung Tanjung Karang Bolong

Karang Pantai Buyutan dilihat dari atas

Pantai Buyutan

Sungai kecil di jalan tembusan Pantai Buyutan - Pantai Banyu Tibo

Pengumpulan Nira, sebelum diolah

Nira, Siap diolah

Berburu Kelapa Muda :D

Siap santap kelapa muda, Matur suwun pak :D

Mejeng di gubuk pengolahan gula kelapa dulu :D

 

Pantai Banyu Tibo

Mandi dulu biar seger!

Jalur Pantai Banyu Tibo - Pantai Nampu

Hati-hati, jalur berbahaya

Pemandangan eksotis di setiap jengkalnya

Menyusuri jalur sekitar 20 menit

terdapat sungai-sungai kecil

Sungai ini membatasi Jawa Timur dan Jawa Tengah

Pantai Nampu, pantai ini sudah berada di Provinsi Jawa Tengah

 

SHARE TO:



Comment :