7 Gear Unik yang Akan Bikin Video Timelapse/Hyperlapse Semakin Cantik

Posted in 22 May 2017 by telusuRI

Timelapse dan hyperlapse sudah menjadi bagian dari keluarga besar seni visual. Para pejalan pun mulai menggemari. Lihat saja linimasa Instagram; makin banyak yang membawa pulang oleh-oleh berupa video timelapse/hyperlapse dari destinasi-destinasi yang mereka kunjungi. Termasuk kamu, barangkali? Nah, di bawah ini adalah 7 gear unik yang akan bikin video timelapse/hyperlapse kamu semakin cantik:

Zeitdice/shop.zeitdice.com

Zeitdice

Kamera timelapse pintar ini bentuknya nggak seperti lazimnya action cam yang biasa kamu lihat. Sekilas Zeitdice seperti gabungan antara pokeball dan dadu (namanya saja dice). Hanya saja alih-alih bulat sempurna, Zeitdice punya 26 sisi yang bisa kamu tempelkan di logam magnetik mana pun. Yes, nggak perlu tripod atau gorillapod selama kamu masih bisa menemukan logam yang bisa ditempeli magnet.

Selain bisa nempel di mana-mana, kamera Zeitdice juga bisa dipasang untuk mengambil timelapse selama tiga bulan hanya dalam satu kali pengisian baterai! Minat?

Pico/kickstarter

Pico

Semacam intevalometer pintar yang akan mengaturkan pengambilan foto-foto yang akan kamu jadikan timelapse. Dari jauh, pico akan kelihatan kayak permen karet putih yang bundar. Tapi di dalamnya kamu bisa memasukkan pengaturan, seperti mau interval berapa menit, terus nanti kalau diconvert ke timelapse mau timelapse yang berapa menit.

Cara memasukkan setting-an Pico gampang banget. Tinggal kamu colokkan ke iPad lalu kemudian muncul pilihan-pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan keperluanmu.

Astro camera mount/petapixel.com

Astro

Kalau kamu lebih sering mengambil timelapse langit malam dibanding pemandangan di siang hari, nggak ada salahnya buatmu untuk menjajal Astro. Alat ini adalah sebuah camera mount yang akan menolongmu untuk mengatur pengambilan timelapse malammu. Bentuk dan ukurannya seperti kaleng pomade. Cara menggunakannya mudah sekali: atur dulu preferensimu (mau durasi berapa, interval berapa, dan sudut gerakannya mau berapa derajat), pasang di tripod, lalu pasang kameramu di atasnya. Tinggal tunggu deh sampai selesai.

Pico flex dolly/tekunoloji.com

Pico Flex Dolly

Kamu pengen banget posting hyperlapse di Instagram tapi masih tersandung bujet? Iya, harga slider buat kamera memang mahal, bisa sampai jutaan! Tenang, kamu nggak perlu khawatir. Ada yang namanya Pico Flex Dolly yang harganya lebih murah. Bentuknya seperti sepatu sepatu roda jadul yang bisa dipasangi kamera di beberapa tempat. Ini cocok banget buat video sebenarnya. Agak ribet kalau dipakai untuk mengambil hyperlapse, soalnya kamu mesti mendorongnya secara stabil. Tapi nggak perlu khawatir, Pico Flex Dolly bisa jadi powerful banget kalau kamu juga punya gear di bawah ini!

Snailbox/snailbox.ru

SnailBox

Supaya Pico Flex Dolly kamu bisa jalan secara otomatis, kamu tinggal memasang SnailBox di rodanya. Hanya dengan memasukkan setting-an di sebuah kotak kecil yang terhubung ke beberapa gear, kamu akan mendapatkan video hyperlapse yang menawan. Nggak perlu repot-repot memindah-mindahkan tripod dengan cermat, yang perlu kamu lakukan hanya memencet tombol beberapa kali dan menunggu sampai kamera dan slider-mu selesai melaksanakan tugas mereka.

Satechi wireless shutter/satechi.net

Satechi WTR-C Wireless Timer Shutter

Kamu sudah naruh kameramu jauh-jauh di atas pohon tinggi. Tapi sampai di bawah kamu lupa bahwa rananya belum dipencet. Duh!

Supaya nggak capek-capek manjat lagi, kamu perlu Satechi WTR-C Wireless Timer Shutter. Pemencet rana ajaib ini kompatibel dengan banyak merk kamera. Pokoknya, semakin ajib kameramu, semakin banyak pula fitur yang bisa kamu manfaatkan di Satechi ini.

Edelkrone SliderOne/arktis.de

Edelkrone SliderOne

Ibarat pasukan jin yang membantu Bandung Bondowoso membangun Prambanan dalam semalam, SliderOne bisa membuatmu menjadi selebgram spesialis hyperlapse dalam semalam. Ringkas, bisa dimasukkan dalam saku celana cargo, SliderOne adalah sebuah perangkat pintar yang menjadi intervalometer sekaligus slidermu. Serunya, menggunakan gawai ini kamu juga bisa mengonversi video timelapse atau hyperlapse menjadi stop motion. Jadi, mau beli yang mana dulu?

SHARE TO:



Comment :