Kabupaten Tabalong

Tabalong Ethnic Festival IV

Posted in 06 Oct 2016 by telusuRI

Tabalang

Tabalong yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan ini letaknya sekira 270 km dari Kota Banjarmasin. Banua Saraba Kawa yang artinya Daerah Serba Bisa menjadi semacam jargon untuknya. Saraba Kawa sendiri didefiniskan Kawa Baucap atau bisa mengucapkan, Kawa Manggawi atau bisa mengerjakan, dan Kawa Manyandang yang artinya bisa bertanggungjawab.

Tabalong Ethnic Festival merupakan festival budaya lokal Banjar dan Dayak. Perhelatan budaya ini akan diselenggarakan esok, 11-14 Februari 2015 di Tabalong, Kalimantan Selatan. Tema yang diangkat tahun ini yaitu "Beauty of Tabalong" dengan mengangkat harmoni kebudayaan Banjar dan Dayak. Dalam acara ini akan digelar beberapa pertunjukan seperti karnaval, festival film budaya, panggung seni dan gelar budaya Dayak Deah Kampung Sepuluh.

Kamu bisa mengikuti karnaval fashion budaya pada hari pertama di kompleks stadion hingga Taman Kota Tanjung. Karnaval terbuka untuk umum dan juga dilombakan, lho! Para peserta akan menampilkan busana adat dan juga beragam kostum unik. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung menelusuri Cagar Budaya Gunung Batu Babi dan Gua Batu Buli, di mana pada tahun 1999 lalu ditemukan fosil manusia purba berumur sekitar 6000 tahun dan barang-barang prasejarah berupa alat-alat batu dan perhiasan batu.

Atau kamu juga bisa singgah sejenak ke Air Terjun Ketingkang yang berada di Pegunungan Haliau, Desa Pangelak jika masih mempunyai banyak waktu untuk tinggal di Tabalong.

Yuk #telusuRI indahnya tanah Banua Saraba Kawa lewat festival ini!

SHARE TO:



Comment :