Kabupaten Berau

Whale Shark: Bermain dengan Sang Monster

Posted in 01 Feb 2017 by Abdul Aziz

Shark 3

Di Indonesia, hiu paus bisa dengan mudah dijumpai di Teluk Cendrawasih, Papua.

Whale shark atau hiu paus merupakan salah satu penguasa lautan. Ukuran rata-ratanya lebih besar dari sebuah mobil. Meskipun penampakannya mengerikan—ditambah warna totol bintangnya—namun tahukah kamu bahwa hiu paus hanya memakan ikan kecil dan juga plankton?

Terlepas dari ukurannya yang besar, raksasa ini tidak berbahaya bagi manusia. Hiu paus merupakan hewan laut yang jinak. Terkadang mereka membiarkan para penyelam menungganginya, walaupun tindakan ini tidak dibenarkan oleh para peneliti hiu dan konservasionis.

Hiu paus disebut geger lintang oleh masyarakat Jawa, yang artinya “punggung berbintang.” Ia adalah pengembara samudra tropis dan lautan beriklim hangat. Saat ini hiu paus mendapat predikat sebagai spesies rentan, yaitu spesies yang akan menjadi terancam keberadaannya kecuali jika ada penanganan keselamatan dan reproduksi dengan baik. (Di Indonesia sendiri, selain si geger lintang, si kadal besar komodo juga masuk dalam red data list IUCN.) Jadi, kalau kamu bertemu dengan si besar ini, please jangan disakiti atau diburu, ya?

Shark 2

Terlepas dari ukurannya yang besar, raksasa ini tidak berbahaya bagi manusia. Hiu paus merupakan hewan laut yang jinak.

Di Indonesia, hiu paus bisa dengan mudah dijumpai di Teluk Cendrawasih, Papua. Namun belakangan whale shark juga mudah ditemui di Talisayan, Berau, Kalimantan Timur.

Pada musim teri atau udang, hiu paus akan lebih sering muncul. Si besar ini biasanya muncul di bagan-bagan, yaitu perahu-perahu yang dimodifikasi dan dibuat statis untuk menangkap ikan. Supaya ikan berdatangan, ia diberi penarangan lebih. Hiu paus sering muncul di bagan karena di sana banyak makanan, yakni ikan-ikan kecil hasil sortiran tangkapan yang akan menjadi camilan segar bagi mereka.

Ketika sang Rhincodon typus berenang pelan dan mendekat, beberapa nelayan di bagan tak ragu-ragu untuk memberi makan raksasa laut ini. Hiu paus tidak galak. Justru mereka malah bisa menjadi teman bagi nelayan.

 

SHARE TO:



Comment :