Kota Cirebon

Cerita dari Keraton Kanoman, Cirebon

Posted in 06 Oct 2016 by telusuRI

keraton kanoman

Foto: Novita Eka S., the-patw.com

Ketika didirikan pada tahun 1678 M, Kesultanan Cirebon terdiri dari Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan. Saat itu Keraton Kanoman menjadi pusat peradaban Kesultanan Cirebon, sebelum terpecah menjadi empat bagian—Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kaprabonan.

Keraton Kanoman berdiri atas titah dari Pangeran Mohamad Badridin yang akhirnya diberi gelar Sultan Kanoman I. Ia adalah keturunan dari Sunan Gunung Jati, Syarief Hidayatullah, yang memilik peran besar pada penyebaran Islam di Jawa Barat. Keraton Kanoman ini adalah salah satu jejak peninggalannya.

Keraton Kanoman masih menjaga adat istiadat hingga saat ini, seperti tradisi Grebeg Syawal dan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati di Astana, Cirebon Utara, seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Berupa bangunan tua nan kokoh yang sarat akan sejarah, Keraton Kanoman yang memiliki luas sekitar 6 hektare ini masih dipenuhi oleh benda-benda peninggalan sejarah yang lekat dengan nuansa Islam. Kereta Paksi Naga Liman yang berbentuk burak—binatang yang dikendarai Nabi Muhammad ketika Isra Miraj—dan Kereta Jempana masih tersimpan dalam kondisi baik di Museum Keraton. Pendopo Jinem yang berfungsi sebagai tempat menerima tamu dan penobatan sultan serta pemberian restu untuk acara-acara adat terletak tak jauh dari kereta tersebut. Siti Hinggil berdiri di tengah-tengah lingkungan keraton.

Ketika berjalan menuju Perbayaksa, kamu bisa menyaksikan prasasti yang menunjukkan waktu berdirinya keraton pada pintu Pendopo Jinem. Di pintu tersebut tergambar jelas angka Surya Sangkala dan Chandra Sangkala yang mempunyai makna tersendiri.

Beberapa hal yang menarik dari Keraton Cirebon adalah piring-piring porselen asli Tiongkok yang menghiasi dinding keraton. Bangunan Keraton Cirebon menghadap ke utara, lengkap dengan patung macan sebagai lambang Prabu Siliwangi. Alun-alun didirikan tepat di depannya dan masjid ditempatkan di sisi timur.

SHARE TO:



Comment :