Cerita dari Tapal Batas: Kisah dari Entikong, Kalimantan Barat

Posted in 07 Oct 2016 by telusuRI

Film berdurasi 87 menit karya sutradara Wisnu Adi ini, Cerita dari Tapal Batas, mengambil latar kehidupan masyarakat di daerah Entikong, Kalimantan Barat. Film ini mengisahkan dedikasi dan semangat yang tak pernah padam dari seorang guru dan mantri yang mengabdikan diri untuk hidup bersama masyarakat penghuni garis depan negeri ini.

Salah seorang dari tokoh yang diangkat adalah Ibu Guru Martini. Ia adalah seorang perempuan yang telah mengabdi selama delapan tahun di Desa Badat Baru, Kecamatan Entikong, Kalimantan Barat. Ia dibantu oleh seorang tenaga honorer. Sebelumnya, belum ada guru lain yang mau bertahan lama di sana karena fasilitas yang serba terbatas.

Kusnadi lain lagi. Ia berprofesi sebagai mantri kesehatan yang tugasnya meliputi menjelajahi lima desa setiap dua minggu sekali demi memberikan pelayanan pengobatan bagi masyarakat di serambi Indonesia. Ia rela memanggul obat-obatan dan berkeliling dari satu dusun ke dusun lain untuk menyembuhkan mereka yang terkena bermacam penyakit, dari mulai demam hingga malaria.

Hanya itukah kisah dalam film tersebut? Tentu tidak! Secara kontras akan digambarkan pula bagaimana kehidupan masyarakat kita yang hidup di perbatasan jika dibandingkan dengan penduduk negara tetangga.


Sumber: Cerita dari Tapal Batas Fans Page

 

SHARE TO:



Comment :