Kabupaten Timor Tengah Selatan

Kilo 12, Eropa Kecil di Nusa Tenggara Timur

Posted in 06 Oct 2016 by Dhave Dhanang

kilo12 3

Fotografer lanskap akan betah berlama-lama di Kilo 12 untuk mengabadikan pemandangan alam berupa bukit dengan padang rumput menghijau dengan beberapa pepohonan yang menjadi selingan.

Nama tempat ini tidak memenuhi kriteria estetika, yaitu Kilo 12. Nama itu diberikan pada sebuah bukit yang terletak di pinggir jalan menuju Desa Fatumnasi. Pesona lanskapnya luar biasa. Dari tempat ini mata akan memandang luasnya perbukitan, lembah, hingga Gunung Mutis yang menjulang 2.247 mdpl di kolong langit. Kilo 12 berada sekitar 15 kilometer dari arah Soe menuju Desa Fatumnasi. Jika kebetulan lewat sana, rugi kalau kamu tidak berhenti. Berada pada ketinggian lebih dari 1000 mdpl, udara Kilo 12 sangat sejuk.

Timor Tengah Selatan, salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur memiliki kekayaan alam yang lengkap. Dari mulai pantai hingga puncak tertinggi di Pulau Timor. Namun sayang sekali potensi wisata kabupaten ini belum terkelola dengan baik.

Tempat ini masih kosong dan nyaris tanpa fasilitas wisata. Fotografer lanskap akan betah berlama-lama di sini untuk mengabadikan pemandangan alam berupa bukit dengan padang rumput menghijau dengan beberapa pepohonan yang menjadi selingan. Puncak Gunung Mutis menyembul di kejauhan. Rasa-rasanya mata saya benar-benar dimanjakan oleh kilo 12. Meskipun bersinar terik, cahaya matahari seolah tak mempu memanaskan tempat yang benar-benar sejuk ini.

kilo 12 2

Ingin rasanya berguling-guling di sana bersama sapi dan kuda yang dilepas liarkan pemiliknya.

Hamparan karpet hijau berupa padang rumput mengingatkan saya pada imajinasi tentang desa-desa di Eropa—tetapi ini Indonesia. Ingin rasanya berguling-guling di sana bersama sapi dan kuda yang dilepas liarkan pemiliknya. Rimbunnya pepohonan ampupu (Eukaliptus erophila) menjadi peneduh dari sengatan matahari. Lumut kerak (Usnea barbata) menyelimuti pohon kayu putih seperti jenggot yang bergelayutan di dagu.

Tidak usah melancong ke Eropa jika ingin melihat padang rumput bersama hewan-hewan ternak, cukup pergi ke sini. Tidak usah ke Amazon untuk melihat pohon berumur ratusan tahun, sebab di sini juga ada.

SHARE TO:



Comment :