Kabupaten Badung

Kala Benoa, Dokumenter tentang Kontroversi Reklamasi Teluk Benoa

Posted in 07 Oct 2016 by telusuRI

Dengan luas sekitar 12 hektare dan dihuni oleh 3120 masyarakat Bajo, Pulau Bungin disebut sebagai pulau terpadat di dunia. Tidak ada investor properti sesabar orang Bajo, terutama bila hendak mereklamasi 700 hektar dengan 23 juta kubik pasir.

Untaian paragraf di atas adalah pembuka yang menghubungkan Pulau Bungin dengan lokasi utama film Kala Benoa—Teluk Benoa. Kala Benoa merupakan video dokumenter bagian dari Ekspedisi Indonesia Biru yang dilakoni oleh dua videografer dan fotografer, Dandhy Dwi Laksono dan Ucok Parta. Mereka melakukan perjalanan keliling Indonesia untuk merekam beragam cerita tentang kearifan lokal dalam mengelola sumber daya alam sejak Januari hingga Desember 2015 nanti.

Investor masuk ke Teluk Benoa dan berencana membangun pusat pariwisata sekelas Walt Disney. Untuk mewujudkan hal tersebut, investor akan mereklamasi hingga 700 hektare kawasan teluk seluas 1.300 hektare tersebut. Dalam film ini Dandhy dan Ucok merekam dan mengabarkan suara-suara akar rumput di balik gegap gempita penolak reklamasi di Teluk Benoa. Seperti apa kisahnya? Tonton saja!


Sumber: Ekspedisi Indonesia Biru (Dandhy Dwi Laksono dan Ucok Parta), watchdoc.co.id

SHARE TO:



Comment :